Uji Hafalan Al-Qur’an Santriwati di Ajang Lailatuttakrim

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Sebanyak sepuluh orang santriwati Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad mengikuti malam pengujian (lailatutakrim) untuk hafalan Alquran yang dikuasainya.

 

Kegiatan yang berlangsung di gedung Aula Putri Shohwatul Is’ad tersebut dihadiri oleh santriwati, wali santri, guru sekolah dan sejumlah warga pondok. Acara di awali dengan pembacaan ayat suci Al quran oleh Halintang Arifiani. Rabu malam (13/3/2019).

Mudir PPMI Shohwatul Is’ad Mukhlis Khalide Lc, MA dalam sambutannya, memberikan pujian kepada kepala kesantrian putri beserta jajarannya. Sebab menurutnya, pentas ini adalah wadah untuk mengapresiasi bakat dan hafalan para santri dalam menghafal sebagai implementasi dari program kepondokan

“Dengan mengambil tema “Lailatutakrim” semoga kita senantiasa menjadikan Al quran sebgai dustur kehidupan. Memuliakan penghafal sebagaimna mereka menjaga Al quran. Hafalan diasah melalui murajaah dan ujian. Selamat kepada asatizah yang telah menyiapkan acara ini. Semoga sukses,” ujarnya. Secara simbolis, Ustadz Mukhlis Khalide Lc, MA membuka dengan basmalah serta mengetuk micropon.

Kegiatan ini merupakan progam tambahan bagi santri program khusus tahfidz kelas IX dan kelas XII yang dilakukan setiap tahun sekali, sebagai salah satu syarat penamatan di PPMI Shohwatul Is’ad.

Dalam pelaksanaan lailatuttakrim, satu per satu santri di bacakan potongan ayat untuk disambung dengan disimak oleh penguji, agar ketika ada kesalahan atau kekeliruan, dapat segera diingatkan dan dibetulkan.

Untuk menyukseskan kegiatan Lailatuttakrim ini, tim panitia dibantu oleh 3 penguji atau mentor yang siap menyimak dan mengoreksi bacaan Al Quran dari santriwati. Pengujinya adalah Syekh Ishaq Abdul Aziz Al-Hafizh Ustadzah Mutahharah Lc, M. Pd. I dan Ustazah Fauziyah SS Hafizahallah.

Acara lailatutakrim diakhiri dengan pambagian piagam dan juga hadiah sebagai bentuk apresiasi kepada peserta.

Berbagi informasi kebaikan
  • 1
    Share

Leave a Comment