TAUSIAH RAMADAN VIRTUAL BERSAMA KETUA YAYASAN PPMI SHOHWATUL IS’AD

In Artikelby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Ahad (9/5/2021) digelar Tausiah Ramadan bersama Ketua Yayasan PPMI Shohwatul Is’ad, yakni Ustaz Drs. H. Masrur Makmur Latanro, M.Pd.,  dengan tema “Pesan Moral Berpuasa.” Kegiatan ini digelar pada pukul 06.00 WITA secara virtual melalui via zoom. Dan menghadirkan Nur Fajrin Aslam, Lc., S.H, sebagai moderator. Tausiah ini diikuti oleh masyarakat umum.  Tidak terasa bulan Ramadan akan berakhir. Maka kita perlu mengetahui makna dari puasa Ramadan  itu sendiri.

Dalam ceramahnya, Ustaz Masrur menyampaikan bahwa puasa itu mengubah akhlak mazmumah menjadi akhlak mahmudah. Berakhlaklah sebagaimana akhlak yang dimiliki oleh Allah. Kemudian kita implementasikan ke kehidupan kita sehari-hari.

Setidaknya ada 4 pesan moral dari kajian ini. “Pertama, puasa mengajarkan kita kreativitas. Kedua, puasa mengajarkan kita tentang renungan kematian. Ketiga, puasa mengajarkan kita kejujuran. Dan keempat, puasa itu menuntun kita agar kita memiliki rasa simpati dan empati kepada kelompok mustadha’fin,” ungkap Ustaz Masrur.

Dalam kajian Ustaz Masrur juga selalu didampingi dengan kata-kata motivasi kepada peserta kajian sehingga peserta terlihat serius dan antusias mengikuti kajian hingga akhir.

Rasulullah shalallahu alaihi wa sallam bersabda:

“Tidaklah suatu kaum duduk untuk mengingat Allah, kecuali para malaikat (rahmah) mengelilinginya, rahmat Allah menyelimutinya dan turun kepada mereka ketenangan, serta Allah mengatur tempat mereka di hadapan makhluk yang berada di sisi-Nya.” (HR. Muslim).

Insya Allah yang ikut kajian ini mendapatkan pahala majelis ilmu yang disebutkan pada hadis di atas. Semoga kita semua senantiasa selalu diberi kesehatan oleh Allah swt dalam menjalankan ibadah suci Ramadan ini. Barakallahufiikum.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment