SMA IT Shohwatul Is’ad Laksanakan Ujian Kepondokan Santri Kelas Akhir

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

SMA IT Pondok Pesantren Moderen Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad melaksanakn ujian Kepondokan bagi santri kelas akhir yang setara dengan kelas XII SMA IT 09 s.d. 10 Matet 2019.

Ujian kepondokan yang berlangsung selama 2 hari tersebut merupakan ujian akhir pondok yang wajib diikuti santri kelas akhir dan setelah pelaksanaan ujian kepondokan akan dilanjutkan simulasi Ujian Nasional Berbasis Komputer.

Materi yang diujikan dalam ujian kepondokan adalah bidang bahasa Arab, bidang tadrib Al khitabah, bidang tahfidz Al quran dan bidang fiqih. ”Ujian berlangsung selama 2 hari,” ujar Muhammad Tasrif, santri kelas XII SMA IT. Yang saat ini sedang menyibukkan dirinya untuk memurajaah pelajaran.

Menurut Tasrif ujian akhir pondok tersebut merupakan salah satu syarat wajib bagi santri akhir untuk bisa menamatkan studinya di PPMI Shohwatul Is’ad. ”Selain mengikuti ujian akhir pondok, saya dan teman-teman juga diwajibkan menyampaikan pidato sesuai tema yang di berikan,” terangnya.

Ujian ini, di samping untuk mengetahui seberapa jauh pemahaman santri akan pelajaran yang diberikan selama di pondok, juga untuk mengukur capaian kompetensi santri dan upaya peningkatan kualitas lulusan pesantren. Dengan demikian, lulusan Shohwatul Is’ad akan mendapatkan hasil yang memuaskan.

Ada pun, tim penguji dibagi menjadi 4 tim, 2 tim di hari petama dan 2 tim di hari kedua yang terdiri dari asatidz dan asatidzah yang berpengalaman di bidangnya.

Semoga saja, kegiatan Ujian kepondokan ini berjalan dengan baik dan menghasilkan hasil sesuai yang diharapkan.

Berbagi informasi kebaikan
  • 1
    Share

Leave a Comment