Program Penumbuhan Kewirausahaan melalui kegiatan Pelatihan Olahan Rosella di PPMI Shohwatul Is’ad

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Tim Kewirausahaan dan Agrobisnis (KDA) PPMI Shohwatul Is’ad telah melaksanakan Pelatihan dan pendampingan dalam pengolahan rosella menjadi produk bernilai ekonomi. Kegiatan tersebut berlansung hari  Rabu (17 Juli 2019) lalu, diikuti oleh sejumlah ibu rumah tangga dan masyarakat sekitarnya yang berada di wilayah kecamatan Ma’rang kabupaten Pangkep.

Pelatihan dilaksanakan langsung dibawah koordinasi Kepala Laboratorium KDA, Drs. Syaiful Azmi. Pada kegiatan ini peserta dapat melihat secara langsung proses pembuatan olahan, mulai dari proses menyiapkan bahan hingga pengemasan. Dengan dibantu dan didampingi oleh staff dari pak Syaiful. Produk yang dihasilkan dari praktek pada pelatihan ini antara lain: pengolahan syrup rosella, cara pembuatan dodol rosella dan pengemasaannya serta cara pembuatan selai rosella.

Tujuan program dan kegiatan ini adalah untuk memberikan ketrampilan tambahan dan menumbuhkan semangat kewirausahaan bagi warga yang berada khususnya di wilayah pesantren. “Alhamdulillah terlaksana dengan baik. Intinya kami mengajarkan bagaimana agar tidak ada bagian dari buah rosella yang terbuang sia-sia yang memiliki banyak faidah dan khasiat,” ungkap Saiful Azmi, ketua pelaksana kegiatan ini.

Antusiasme dari peserta pelatihan membuat panitia semakin bersemangat dalam menjalankan pelatihan ini hingga selesai. Selain mendapatkan materi tentang  pembuatan produk olahan hasil pertanian dan holtikultura, mereka juga mendapatkan ilmu tentang strategi menjadi wirausaha yang dipasarkan oleh PPMI Shohwatul Is’ad. Kegiatan ini diakhiri dengan sesi mencicipi hasil olahan produk oleh seluruh

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment