Image

Selamat Datang di Pesantren Shohwatul Is'ad

Pondok Pesantren Modern Islam Shohwatul Is'ad adalah salah satu wadah pendidikan Islam yang menggabungkan ilmu-ilmu keislaman dan ilmu-ilmu sains dalam rangka mencetak generasi islam yang kokoh dan berkualitas serta tanggap pada perubahan zaman. Era millenial menuntut kita untuk bertindak aktif dan bereaksi positif terhadap perkembangan industri 4.0 dengan segala konsekuensinya. The agony of modernisation, era ini membawa nilai positif dan negatif. Pondok Pesantren Shohwatul Is'ad akan memaksimalkan sisi positif, dengan membimbing putra-putri kita agar unggul dibidang ilmu pengetahuan yang kokoh dalam berakhlak dan terampil menyongsong industri 4.0. Dengan demikian akan lahir Insan Ulul Albab.
Image

Profil Pesantren


*Geser ke kanan untuk informasi selanjutnya.

Pendirian Pondok Pesantren Modern Islam Shohwatul Is’ad berawal dari cita-cita keluarga Drs. H. Masrur Makmur Latanro untuk mewakafkan dari sebagian harta yang diperolehnya untuk membuka lembaga pendidikan pesantren. Sudah beberapa pesantren dikunjungi bapak Masrur, dan beliau sendiri alumni sebuah pesantren di Indonesia. Namun, dari sekian pesantren yang menjadi preferensi, tidak satupun yang dipilih untuk mewujudkan cita-citanya tersebut.

Sampailah beliau di PPMI Assalaam yang terletak di Pabelan-Gonilan Kartasura Sukoharjo Surakarta Jawa Tengah. Pondok ini bukan hanya menjadi tempat studi lanjut bagi putri beliau, tetapi gayung bersambut menjadi pilihan utama model pesantren yang akan beliau wakafkan kepada ummat. Diskusi, sharing dan dialog dilakukan dengan berbagai elemen pondok, KH. Mu’inuddinilllah, H. Ahmad Syamsuri MM, Bapak Munawir dari unsur Pimpinan demikian pula Ketua dan Wakil Ketua Yayasan Pengajian Islam (YMPI) yang membawahi PPMI Assalaam.

H. Masrur yang berasal dari putra Sulawesi tampaknya sudah bulat tekat untuk mendirikan pondok pesantren di tanah kelahirannya tersebut dengan menjadikan Assalaam sebagai model, baik dari segi manajemen maupun warna keilmuan yang dikembangkannya. Meskipun pondok pesantren sudah banyak berdiri di Sulawesi Selatan akan tetapi, kebanyakan pesantren yang lebih identik dengan pondok salaf dan atau tidak terlalu memprioritaskan santrinya dalam menguasai ilmu-ilmu sains dan teknologi modern. Bagi H. Masrur yang saat ini berdomisili di Bali, pondok pesantren yang akan beliau wakafkan adalah pondok pesantren terpadu. Artinya, pesantren yang mampu memadukan antara ilmu-ilmu agama dengan ilmu-ilmu umum, ilmu-ilmu keakhiratan dengan ilmu-ilmu keduniaan.

Dari sudut pandang PPMI Assalaam dan YMPI, bahwa pendirian ponpes baru di manapun merupakan aset yang sangat mulia di sisi Allah SWT. Di dalamnya ada tafaqquh fiddin, ada dakwah dan ada ukhuwah Islamiyah. Sambutan positif tersebut diwujudkan dalam bentuk kunjungan tim kecil Yayasan ke lokasi di Pangkep Makassar, yang terdiri dari ketua dewan pembina, pengurus YMPI dan mudir PPMI Assalaam. Kunjungan ini dimanfaatkan untuk menyaksikan lahan seluas kurang lebih 8,3 hektar.

Proses pembicaraan panjang antara pihak H. Masrur yang sudah mendirikan Yayasan Shohwatul Is’ad Makassar dan YMPI Surakarta berakhir dengan ditandatanganinya surat perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak untuk bersama-sama mendirikan ponpes di Pangkep Makassar, yang di kemudian hari dalam Lokakarya tanggal 8 Februari 2006 resmi yang di beri nama Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad. Lembaga pendidikan pertama yang didirikan adalah SMP Islam Terpadu Shohwatul Is’ad.

Fasilitas


Untuk menunjang tercapainya kualitas pendidikan yang optimal, Pesantren Modern Islam Shohwatul Is'ad menyediakan beberapa fasilitas di antaranya : kampus terpadu dua lantai, asrama representatif tiga lantai, laboratorium komputer, maktabah, loundry, lapangan olah raga (Sepak Bola, Basket, bulu tangkis, Tenis meja, Takraw, Voly dll), pelayanan kesehatan, koperasi dan kantin, sumber air artesis dan lain-lain.


Manajemen & Staff


Saat ini staf dan tenaga pengajar Pesantren Moder Islam Shohwatul Is'ad terdiri dari alumni timur tengah baik dari Mesir, Pakistan, Libia, Sudan; alumni ma’had Tarbiyah STAI DDI Mangkoso; alumni PT dalam negeri seperti Univetsitas Hasanuddin Makassar (Unhas), Uiversitas Negeri Makassar (UNM), IAIN Wali Songo Semarang, STT STIKOM Malang, Universitas Syarif Hidayatullah Jakarta, Universitas Muhammadiyah Purwekerto, UIN Alauddin Makassar, STMIK Kharisma Makassar dan lain-lain.

Pendaftaran Santri Baru


Waktu Pendaftaran:

Gelombang I : 01 November 2018 - 25 Februari 2019
Gelombang II : 25 Februari 2019 - 04 Mei 2019

Daftar Sekarang