PPMI Shohwatul Is’ad Gelar MTOS Selama 6 hari

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

 

Pondok Pesantren Moderen Islam (PPMI) Shohwatul Isad melaksanakan orientasi kepada santri baru yang di kenal dengan  sebutan Masa Taaruf dan Orientasi Satri (MTOS) terhadap 125 santri baru tahun pelajaran 2019/2020 terdiri dari 2 tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelaksanaan upacara pembukaan dilaksanakan di gedung Al Hijrah, Senin (15/7/2019).

Pelaksanaan kegiatan ini berlangsung selama selama 6 hari, dari 15 Juli hingga 21 Juli 2019. MTOS merupakan ajang untuk melatih ketahanan mental, disiplin dan mempererat tali persaudaraan diantara santri baru dan guru. Selain itu MTOS juga merupakan sarana pengenalan terhadap kegiatan-kegiatan yang diadakan di PPMI Shohwatul Is’ad.

”Kegiatan ini sangat penting sebagai langkah awal kegiatan pembinaan dan pengenalan lingkungan pondok. MTOS tahun ini sedikit berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, kegiatan outbond full sehari di luar pondok agar para santri baru tidak jenuh dan bosan dengan materi selama masa orientasi,” ujar Sohabat, ketua panitia MTOS asal Ngawi, Jawa Barat.

Kegiatan MTOS diisi dengan materi yang mencakup pemeriksaan kesehatan, selayang pandang pengenalan PPMI Shohwatul Isad, pola hidup sehat sebagai santri, motivasi menjadi menghafal Al quran, tata tertib santri, pengenalan kurikulum, martulikulasi bahasa dan kunjungan kesetiap bagian/unit pondok. Selain materi, santri baru juga dibiasakan untuk mengikuti kegiatan sehari-hari di PPMI Shohwatul Is’ad, shalat berjamaah, shalat tahajud, menghafal Quran, puasa Senin dan Kamis, serta membaca zikir pagi dan petang bersama-sama.

Kegiatan seru dan menyenangkan juga dilakukan, seperti taarup untuk perkenalan antar teman dan panitia. Beragam rangkaian kegitan outbound juga dilakukan, bahkan lokasinya di Wisata Taman Leang-Leang Maros. Melalui kegiatan-kegiatan ini diharapkan mereka dapat belajar tentang kekompakan sekaligus solidaritas antar santri.

Seluruh rangkaian kegiatan MTOS ditutup di Auditorium Al Hijrah PPMI Shohwatul Is’ad. Upacara penutupannya ditandai dengan penyerahan penghargaan kepada peserta MTOS terbaik tahun pelajaran 2019-2020. Semoga para juara itu memicu peserta lain menjadi pribadi yang berprestasi dan mampu berperan aktif dalam setiap kegiatan.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment