PONDOK PESANTREN MODERN ISLAM (PPMI) SHOHWATUL IS’AD RUTIN TAHFIDZ VIRTUAL SELAMA MASA PANDEMI

In Artikelby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad rutin laksanakan Tahfidz Virtual selama masa pandemi. Pelaksanaan tahfidz ini agak berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena dilaksanakan secara virtual. Sudah setahun lebih setelah keluarnya aturan pemerintah untuk menerapkan pembelajaran jarak jauh (PJJ). Tetap di rumah merupakan pilihan tepat saat ini untuk mengurangi angka penyebaran virus covid-19. Sejak tanggal 25 Januari 2021, para santri kembali aktif belajar online setelah libur semester ganjil. KBM dan kegiatan lainnya pun kembali diadakan secara virtual, termasuk Tahfidz.

Masa pandemi tidak menyurutkan semangat para santri dan satriwati Ponpes Shohwatul Is’ad untuk tetap menyetor hafalan meski lewat PJJ. Setor hafalan atau biasa disebut tahfidz ini merupakan salah satu program yang dijalankan di pondok sejak dahulu. Kegiatan tahfidz ini rutin dijalankan baik dari kesantrian putra maupun kesantrian putri. Waktu pelaksanaanya pun dilaksanakan di waktu-waktu tertentu, misalnya setelah salat isya, subuh, maupun waktu lain di luar KBM online para santri.

Adapun media yang digunakan para asatidz seperti VC (Video Call) maupun Zoom.  Nasria Purnama yang merupakan salah satu santriwati kelas 12 bersyukur dengan adanya kegiatan tahfidz online ini. “Saya bersyukur meski di rumah, saya tetap menyetor hafalan sehingga hafalan saya masih bisa dikontrol oleh ustadza”, ungkap Nasria saat dihubungi via Watshapp yang sekarang hafalannya sudah 30 juz. Ia pun berharap agar pandemi segera berlalu dan bisa berkumpul kembali di pondok seperti dulu.  Sama hal nya dengan Nasria, Salah satu wali asramanya yakni ustadza Asriani Hamzah, berharap agar anak-anak di rumah konsisten menyetor hafalan. “Saya berharap anak-anak meskipun di rumah, semangat meghafalnya tetap terjaga meskipun banyak pengaruh sekitar”, ungkap Ustza Asriani. Dengan adanya kegiatan tahfidz virtual ini diharapkan dapat meningkatkan spiritual para santri meskipun di rumah.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment