Penutupan acara Daurah Bahasa Arab oleh Mahasiswa LIPIA di PPMI Shohwatul Is’ad

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Forum Komunikasi Mahasiswa Lipia se Sulawesi (FORMALIS) menggelar Daurah Bahasa Arab. Acara yang berlansung pada Tanggal 22 hingga 31 Juli 2019 tersebut secara resmi dibuka oleh Direktur pesantren Ustaz Mukhlis Khalide Lc. MA di masjid Buqatul Ilmi Pesantren Shohwatul Is’ad, Senin (22/07/2019) lalu.

Dalam sambutannya Direktur menyampaikan kalimat yang sangat menarik dan mampu memotivasi kepada semua peserta. Motivasi terkait pentingnya daurah pembelajaran bahasa Arab demi meningkatkan kemampuan mengajar para santri pembelajaran dapat berjalan lebih efektif.

Daurah ini mengambil tajuk “Pelajarilah Bahasa Arab Dunia di Genggamanmu” yang diikuti oleh seluruh santriwan/ti PPMI Shohwatul Is’ad. Tujuan diadakannya daurah ini, tidak lain untuk memberikan pengetahuan pentingnya bahasa arab, karna bahasa arab adalah bahasa Al-Quran dan Al-Quran itu adalah sumber ilmu di dunia ini, dan bahasa arab adalah bahasa internasional di dunia ini.

“Bahwa salah satu tujuan dari acara ini adalah agar para Santri menjadi lebih percaya diri dalam belajar dan mempraktekkan Bahasa Arab dalam percakapan sehari-hari disertai dengan perbaikan bacaan Al-Qur’an bagi santri yang belum lancar dalam membaca Al Qur’an. Ungkap Nur Farjin Aslam selaku ketua panitia daurah.

Untuk diketahui, kegiatan yang berlansung selama 10 hari ini dilaksanakan dalam rangka pembukaan semester ganjil TA 2019/2020. Dengan agenda ba’da subuh diisi dengan Tahsin (perbaikan) bacaan Al-Qur’an. Pagi hari diisi dengan pemberian materi hiwar (percakapan) yang berlangsung di kelas masing-masing, dilanjutkan ba’da asar dengan game seru (Outbound) yang masih terkait dengan bahasa Arab. Terakhir, malam hari diisi dengan pemberian motifasi mufradhat (kosa kata) bahasa Arab.

Akhir rangkaian kegiatan Daurah ditutup dengan penyampaian kesan dan pesan dari peserta, panitia dan penyerahan penghargaan kepada peserta daurah terbaik. Setelah penutupan tidak lupa foto foto dan pengambilan gambar. Maka setelah pelaksanaan daurah ini diharapkan para santri dan santriwati lebih semangat dalam meningkatkan bahasa arab, selalu mengikuti kegiatan bahasa, dan selalu menaati disiplin bahasa di pondok ini.

Semoga kegiatan ini bukan yang pertama dan yang terakhir. Ke depan harus lebih baik.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment