Pelatihan Penggunaan Aplikasi Pembelajaran Daring Sikola

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'ad1 Comment

Adanya Pandemi Covid-19 saat ini menuntut seluruh sistem atau rutinitas manusia agar mampu menyesuaikan diri. Termasuk sistem pendidikan yang biasanya dilakukan dengan tatap muka langsung di kelas, kini harus dilakukan dengan sistem pembelajaran jarak jauh (PJJ) atau yang dikenal dengan belajar dalam jaringan (daring). Tujuan PJJ ini, yaitu sebagai upaya memutus rantai penularan virus Covid- 19 di kalangan pelajar dan tenaga pendidikan.

Berbagai aplikasi virtual bermunculan untuk mewadahi proses PJJ yang dilaksanakan oleh sekolah – sekolah. Salah satu aplikasi karya anak bangsa, yaitu Sistem Kelola Pembelajaran (Sikola). Aplikasi ini merupakan pengembangan dari aplikasi sebelumnya, yaitu Learning Managemen System (LMS) yang diperkenalkan oleh Universitas Hasanuddin (Unhas) Makassar.
Sebagai upaya perbaikan dan pengembangan PJJ yang diterapkan beberapa bulan terakhir maka PPMI Shohwatul Is’ad melaksanakan Pelatihan Penggunaan Aplikasi Sikola kepada seluruh guru PPMI Shohwatul Is’ad. Materi pelatihan dibawakan langsung oleh Ustaz Dr. Yusring Sanusi Baso, S.S., M. App.Ling, Dewan Pakar PPMI Shohwatul Is’ad sekaligus Dosen Unhas yang termasuk tim pengembang Aplikasi Sikola. “Kami harapkan aplikasi ini bisa membantu seluruh guru dalam melakukan pembelajaran daring agar lebih baik lagi dan juga lebih memudahkan kepala sekolah untuk mengontrol kinerja guru – gurunya”, papar Ustaz Yusring yang juga merupakan Staf Ahli Kemristek Dikti 2006 – 2019 ini.

Pelatihan dilaksankan selama tiga hari, yaitu tanggal 16 – 18 Juli 2020 melalui aplikasi Zoom. Dalam kegiatan tersebut, guru – guru dilatih menggunakan fitur – fitur yang terdapat dalam aplikasi Sikola, seperti pembuatan kelas, pembuatan tugas, forum diskusi, dan fitur lainnya. Dengan penerapan Sikola ini nantinya, diharapkan PJJ bisa berlangsung lebih efektif.

Berbagi informasi kebaikan
  • 32
    Shares

Comments

  1. Alhamdulillah terima kasih shohid atas kerja kerasnya yang selalu berusaha untuk mencari inovasi yang terbaik untuk anak2. Semoga shohid semakin maju dan jaya amin allahumma amin

Leave a Comment