Pangkep, 25 September 2024– Dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan, Kepala Madrasah Tsnawiyah se-Kota Jayapura yang tergabung dalam Kelompok Kerja Kepala Madrasah (KKKM) melakukan kunjungan studi tiru ke Pondok Pesantren Modern Islam (PPMI) Shohwatul Is’ad.

Kedatangan rombongan disambut hangat oleh pengurus PPMI Shohwatul Is’ad di ruang meeting pondok. Dalam sambutannya, Kepala SMP IT Shohwatul Is’ad,Ustadz Kamaruddin Muh. Kaddas, S.Pd., M.Pmat., Gr, menjelaskan mengenai tata kelola pendidikan di pondok. “Kami berkomitmen untuk memberikan pendidikan yang berkualitas, dengan mengedepankan kurikulum yang inovatif dan relevan dengan kebutuhan santri,” ungkapnya.

Selama kunjungan, para tamu diajak berkeliling melihat berbagai fasilitas yang ada di PPMI Shohwatul Is’ad , termasuk laboratorium pendidikan, ruang kelas, Asrama, serta area kegiatan ekstrakurikuler. Salah satu highlight dari kunjungan ini adalah LAB KDA, yang memproduksi berbagai olahan dengan pendekatan Kurikulum Merdeka. “Kami ingin menunjukkan bagaimana pendidikan keterampilan bisa menjadi bagian integral dari pembelajaran di pesantren,” tambah Ustadz Kamaruddin.

Dalam kesempatan tersebut, juga dibahas berbagai inovasi yang telah diterapkan di PPMI Shohwatul Is’ad, termasuk penggunaan teknologi dalam proses belajar mengajar dan pengembangan karakter Santri. Para kepala madrasah sangat antusias mendengarkan pengalaman dan praktik baik yang diterapkan di PPMI Shohwatul Is’ad, berharap dapat mengimplementasikan beberapa di antaranya di lembaga masing-masing.

Pertemuan diakhiri dengan sesi pemberian cendera mata antar instansi sebagai simbol kerjasama dan komitmen untuk saling mendukung dalam pengembangan pendidikan. Dalam suasana penuh kehangatan, kedua belah pihak juga melakukan doa bersama, berharap agar kolaborasi ini dapat memberikan manfaat bagi dunia pendidikan di Kota Jayapura.

Kunjungan ini menjadi momentum penting dalam meningkatkan kualitas pendidikan di wilayah tersebut dan membangun sinergi antara lembaga pendidikan formal dan informal.