Kegiatan Eksrtakurikuler Santri PPMI Shohwatul Is’ad

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Sebagai lembaga pendidikan yang bernafaskan Islam. Dalam proses pendidikannya, PPMI Shohwatul Isad tak hanya mendidik santrinya lewat aspek pendidikan akdemik saja, namun juga di non akademik melalui kegiatan ekstrakulikuler (ekskul). Kegiatan eskul ditujukan agar santri dapat mengembangkan bakat, kepribadian dan kemampuan yang dimilikinya.

Para santri dibina untuk selalu menggunakan waktu luang dengan kegiatan positif. Dalam sehari tidak ada waktu yang disia-siakan santri seusai proses belajar di sekolah. Mereka bisa mengikuti ekskul yang diminati “Tidak hanya mengikuti ekstrakululikuler seperti olah raga, kegiatan lainnya juga bisa diikuti,” kata keiswaan SMP, ustadz Adnan

Eskul yang diadakan di PPMI Shohwatul Is’ad antara lain sepak bola, bolavoli, tenis meja, futsal, bulutangkis, renang, pramuka dan bela diri. Kegiatan lainnya bidang agama para santri dan santriwati juga belajar Tadribul khitabah, tilawah, Belajar kitab kuning, kasidah dan sebagainya.

Kegiatan ini diselenggarakan disetiap jenjang baik tingkat SMP IT maupun SMA IT namun masih tetap dalam naungan dan pengawasan pondok. Untuk ekakul tertentu seperti sepak bola, bulu tangkis, tenis meja, bela diri dan tilawah selain dibimbing oleh guru dan pelatih provesional yang didatangkan dari luar.

Bahkan, untuk meningkatkan kemampuan dan motivasi santri dalam sejumlah eskul, pihak pondok selalu mengadakan perlombaan. “Tiap ada event mereka selalu kita ikutkan, bahkan akhir semester ada juga lomba rutin yang kita adakan,” tambah Adnan

Sejauh ini, sejumlah kegiatan ekskul pernah meraih prestasi dalam berbagai lomba seperti juara sains Ranu Prima Saim Competiron (FSC) tingkat propensi se Sulselbar tahun 2016 meraih juara II. Juara I pidato bahasa arab Nurul Fikri Fair (NFR) antar sekolah sekota Makassar tahun 2017 dan juara I Tahfidzul Quran pada MTQ kabupaten pangkep tahun 2017 lalu.

Sementara di bidang olah raga, juara II sepak bola pada liga santri sesulselbar tahun tahun 2015. Juara I ganda putra tenis meja tingkat provensi pada POSPENAS tahun 2016. Selain itu, prestasi non akademik bidang olahraga yang baru-baru ini diraih oleh salah seorang santri Rafli Anugrah Zulkarnain ialah juara I Atletik 100 pada POSPENAS 2019.

Tidak hanya itu, berbagai gelar pada event tingkat kabupaten, provinsi dan nasional juga diikuti. Semoga, dengan adanya kegiatan ini, para santri bisa semakin disiplin dan semakin mandiri dalam kehidupannya.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment