INTEGRASI SEKOLAH ALAM DAN SHOHWATUL IS’AD DI VISI PAK SAIFUL

In Sekolahby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Lahan Pondok Pesantren Shohwatul Is’ad yang luas membuat Penanggung Jawab KDA(Kewirausahaan dan Agrobisnis), Saiful Azmi membuat terobosan baru. Beliau terinspirasi setelah mengunjungi Sekolah Alam Insan Kamil Gowa bersama Humas PPMI Shohwatul Is’ad beberapa bulan silam. “Ini semua kan lahan tertidur, ini jika dikelola dengan baik akan menghasilkan sesuatu,” ujarnya ketika diwawancarai di lokasi perkebunan pondok.

Beliau lalu menunjuk tanah perkebunan yang sudah digemburkan menunggu untuk ditanami beberapa jenis tanaman yang akan menunjang produksi KDA sekaligus sebagai labolatorium pembelajaran santri-santri.” Saya berharap nanti pembelajaran yang terkait akan melakukan pembelajaran di ruang terbuka semisal di tempat ini kan bagus. Guru-guru ketika menjelaskan pelajaran Biologi misalnya, kan bisa di lakukan di ruang terbuka di sini.” Ujarnya sembari merapihkan batu-bata yang digunakan sebagai jalanan yang membelah perkebunan.

“ Dalam jangka pendek ini, kebun akan ditanami Rosela, Jahe dan Buah Naga,” Imbuhnya. Menurut beliau bahwa jika perlu Pondok Pesantren Shohwatul Is’ad menjadi inspirator pengelolaan sirup yang tanpa pewarna, sebagaimana yang telah terjadi sebelumnya dimana Pondok Pesantren Shohwatul Is’ad menjadi motor penggerak pengelolaan Jeruk Pangkep.


Di visi Pak Saiful, banyak hal yang bisa dilakukan dalam jangka panjang. Namun yang disebutkan di atas sudah cukup sebagai program jangka pendek. “Saya berharap di pondok ini saya bisa meninggalkan jejak yang nantinya bisa dikenang sebagai sebuah kebaikan,” Beliau menutup pembicaraan saat sinar matahari di perkebunan Shohwatul Is’ad sudah semakin menyengat kulit. Peluh pekerja kebun terlihat kemilau dari jauh.

Berbagi informasi kebaikan
  • 1
    Share

Leave a Comment