Ikhtiar minta Hujan, Santri  PPMI Shohwatul Is’ad Laksanakan Shalat Istisqa

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Kemarau panjang melanda, civitas PPMI Shohwatul Is’ad melaksanakan shalat Istisqa atau shalat meminta hujan di lapangan olahraga Pesantren. Bertindak sebagai khatib dan imam shalat adalah Dewan kiai Ustaz Ishak Abdul Aziz Lc. Senin 7 Oktober 2019.

Shalat dimulai pukul 07.00 WIT dan berakhir pada 08.30 WIT diikuti seluruh santri-santriwati, guru, pembina, staf dan warga pondok, bersimpuh memohon doa kepada Allah SWT agar segera menurunkan hujan.

Dalam khutbahnya kiai Ishak mengajak jamaah untuk bermusabahah memperbanyak taubat dan istighfar atas kejadian kemarau panjang yang menimpa karena disebabkan banyaknya dosa.

“Allah menahan air hujan disebabkan oleh dosa maksiat manusia adalah akibat dari ulah kita sendiri. Maka kita mengadakan Shalat istisqa memohon ampun dan bertaubat kepada Allah. Mudah-mudahan dengan ikhtiar ini Allah mencurahkan rahmatnya”, ungkap kiai Ishak.

Dikatakan, arti dari Shalat Istisqa adalah shalat sunah yang dilakukan dua rakaat untuk meminta diturunkannya hujan. Shalat ini adalah momentum terbaik untuk umat manusia introspeksi diri atas penyebab bencana dan musibah kekeringan yang melanda.

Di sisi lain, kita manusia harus tetap bersyukur untuk semakin mendekatkan diri kepada yang Maha Kuasa karena di balik musibah ada hikmahnya. Memohonkan kepada Allah, ampuni dosa kami ya Allah yang telah berbuat salah.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment