Idul Adha 1440 Hijriah, Pesantren Showatul Is’ad potong 30 Hewan Qurban

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

 

Pondok Pesantren Moderen Islam Shohwatul Is’ad, melaksanakan Idhul Adha pada hari Ahad (11/8), karena wukuf di Arafah (9 Dzulhijjah) yang jatuh pada tanggal 10 Agustus. Maka pelaksanaan Hari Raya Qurban jatuh pada hari Ahad, 11 Agustus 2019.

Sholat Ied dimulai sekitar pukul 07.00 WIT. Para santri baik putra maupun putri bersama dengan masyarakat sekitar melaksakan shalat berjamaah di lingkungan Pondok Pesantren. Shalat Idul Adha dipimpin Muhammad Tasrif, santri asal pare-pare. Sementara itu, yang menjadi khatib adalah Direktur pesantren, Ustaz Mukhlis Halide Lc. MA

Selain pelaksanaan Shalat Idul Adha, di pesantren juga melaksanakan pemotongan Hewan Kurban. Pada tahun ini hewan yang disembelih ada 25 sapi dan 5 kambing. Dalam pelaksanaan penyembelihan kurban kali ini, ada 50 petugas terdiri dari warga, wali santri dan asatidz. Penyembelihan dimulai pukul 10.00 pagi dan selesai pukul 15.00.

Dalam penyampaiannya, Ustaz Mukhlis mengatakan tahun ini panitia mendapat amanah hewan kurban lebih banyak dari tahun lalu. Daging qurban kemudian didistribusikan kepada masyarakat sekitar pesantren, para ustadz dan santri.”Penyembelihan hewan qurban dilaksanakan selama satu hari, dagingnya dibagikan kepada santri, karyawan dan masyarakat sekitar pondok,” katanya.

Momen ini dimanfaatkan santri ini dengan nyate bareng, sekalipun tidak ada liburan untuk pulang kampung, para santri mengaku merasa sangat senang idul adha bersama dengan seluruh santri di Pondok.

“Kalau dipondok bisa ngumpul rame-rame dengan teman, suasananya berbeda dengan rumah hanya orang tua dan keluarga. Yang penting asyik Ustaz,” kata Khalid Rizky Samuda, salah satu santri asal ambon.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment