DEWAN KYAI PPMI SHOHWATUL IS’AD MEWAJIBKAN PUASA SETIAP HARI SENIN KE SELURUH CIVITAS PONDOK

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

Dewan Kyai PPMI Shohwatul Is’ad, K.H Ishaq Asis mewajibkan kepada seluruh santri dan civitas Pondok Pesantren Shohwatul Is’ad untuk berpuasa sunnah setiap hari senin, “Hanya pada hari senin saja, kalau hari kamis silahkan jika mau berbuka bagi yang tidak ingin puasa sunnah,” ujar K.H Ishaq Asis menuturkan sembarimembabar lebih dalam manfaat puasa sunnah secararohani dan kesehatan fisik.

Menurut beliau, puasa sunnah itu sangat besar manfaatnya. Selain mendapatkan pahala, juga akan menyehatkan tubuh fisik. Betapa tidak, sepanjang hari-hari manusia, makanan yang bermanfaat ataupun tidak bermanfaat diasup ke usus tanpa ampun,” kalau cuma penyakit-penyakit ringanji berpuasa saja, insyaallah sembuh,” nasihat beliau berlogat Bugis.

Al-Hasil, kantin dan dapur ditutup semuanya sepanjang hari atas intruksi mudir. Hanya diperkenankan dibuka pada sore hari sebagai persiapan buka puasa. Rencananya ini akan menjadi budaya pondok yang baru. Walaupun sebelumnya telah pernah diuji cobakan dan sekarang mendapatkan momentum untuk mendapatkan penguatan lagi. Walau ada atau tiada intruksi ini, santri-santri PPMI Shohwatul Is’ad memang telah terbiasa melakukan puasa senin kamis. Dua pertiga dari mereka bahkan rutin mengamalkan tradisi kenabian ini.

Berbagi informasi kebaikan
  • 1
    Share

Leave a Comment