Amaliah Ramadhan Santri Pesantren Shohwatul Is’ad

In Artikel, Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

 

Bagi para santri, menjalankan ibadah puasa di pesantren merupakan kebahagiaan tersendiri. Karenanya, beberapa amaliah sudah direncanakan dan diatur dengan baik oleh pesantren guna mencapai tujuan yang diharapkan.

Inilah yang dirasakan Rezki Raflin Prasetyo. Santri kelas VII A, asal Jambi ini mengaku sangat senang dan menikmati suasana Ramadhan di PPMI Shohwatul Is’ad.

”Saya sangat bahagia bisa mendalami ilmu agama, tiap malam bisa sholat tarawih dan baca Al quran dengan fokus di disini,” ungkap Raflin.

Kebahagiaan lain yang ia rasakan, merasakan sahur dan buka puasa bersama dengan rekan-rekannya. ”Alhamdulillah ini pengalaman yang sangat berharga buat saya. Semoga rutinitas dipesantren saya akan praktekkan dirumah, ” ujarnya penuh senyum.

Menurut mudir PPMI Shohwatul Is’ ad Ustaz Muchlis Khalide LC MA, kegiatan Ramadhan disiapkan sejak awal hingga libur Ramadhan nanti. ”Mulai dari ceramah ramadhan, Qiyamullail (Sholat Malam) hingga Sahur dan buka puasa bersama, rutinitas ini akan dijalani sampai libur pertengahan Ramadhan nanti” jelasnya.

Pada ceramah Ramadhan, para santri dibekali materi-materi ceramah, mereka diberikan kesempatan untuk mempelajari dan memperlancar materi ceramah sebelum membawakan materi yang sudah dibagikan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan dimasjid Buqatul Ilmi, para santri di jadwal untuk menyampaikan ceramah usai melaksanakan sholat rawatib.

Seluruh santri juga diharuskan shalat taraweh bersama warga pondok. Para santri yang sudah baik bacaan al-Qur’annya ditunjuk memimpin kegiatan malam Ramadhan, terdiri dari empat orang dengan tugas menjadi imam taraweh, menjadi muazzin, menjadi bilal dan menjadi penceramah.

Tak hanya itu, kegiatan lain yang tidak kalah pentingnya bagi para santri adalah kegiatan sahur dan buka bersama yang diikuti seluruh santri, asatidz, karyawan serta warga pondok.

Kegiatan amaliah Ramdhan dengan berbagai macam rutinitas yang direncanakan, semuanya dapat terlaksana dengan baik, terbukti banyak santri yang sudah khatam sebelum pertengahan Ramadhan bahkan ada yang khatam lebih dari satu kali.

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment