121 Santri Baru Ikuti MTOS PPMI Shohwatul Is,ad

In Pondokby PPMI Shohwatul Is'adLeave a Comment

 

Pondok Pesantren Moderen Islam (PPMI) Shohwatul Isad melaksanakan orientasi kepada santri baru yang di kenal dengan  sebutan Masa Taaruf dan Orientasi Satri (MTOS) terhadap 121 siswa baru tahun pelajaran 2019/2020 terdiri dari 2 tingkatan Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA). Pelaksanaan upacara pembukaan dilaksanakan di gedung Al Hijrah, Senin (15/7/2019).

Direktur pesantren secara resmi membuka kegiatan MTOS, kepada siswa baru penekanan orang nomor wahid di PPMI Shohwatul Is’ad itu menyebutkan bahwa tujuan MTOS agar para santri baru lebih mengenal kehidupan lingkungan pondok, menumbuhkan motivasi dan cara belajar, dapat menyatu dengan warga pondok, sehingga santri baru lebih cepat beradaptasi dengan kegiatan  belajar mengajar di pondok, mengetahui kewajiban sebagai santri, bertanggung jawab dalam kehidupan pondok serta mampu berperan aktif dalam setiap kegiatan.

Bahkan, pada hari silaturrahmi di hadapan para wali santri Ustaz Mukhlis mengatakan sebagai penerima mandat  dari orang tua santri, PPMI Shohwatul Is’ad siap menjadi rumah bagi santri baru untuk mendidik, membina, membimbing dan menumbuhkan berkarakter positif serta mengarahkan agar nantinya mereka memiliki kecakapan hidup saat mereka kembali ke kampung masing masing. “Jangan tinggalkan, amalkan yang telah kalian pelajari,” ungkapnya

Pelaksanaan kegiatan MTOS berlangsung selama 6 hari, mulai 15 Juli hingga 21 Juli dengan berbagai materi kegiatan antara lain, apel pagi, Pemeriksaan seragam, kelengkapan MTOS, pembukaan MTOS, serta  taaruf seluruh santri dan panitia.

Materi lain yang di sampaikan selama 6 hari oleh asatiz dan pendamping mencakup selayang pandang pengenalan PPMI Shohwatul Isad, pola hidup sehat sebagai santri, keutamaan anak yang mondok, metode menghafal Al quran, tata tertib santri di dalam asrama, pengenalan kurikulum pondok, martulikulasi bahasa arab dan bahasa inggris, menjaga kesehatan dan kebersihan lingkungan pondok serta kunjungan kesetiap bagian/unit pondok yang selama ini di gunakan praktek santri, antara lain KDA, tempat peternakan, perkebunan.

Kegiatan yang tak kalah pentingnya adalah beragam rangkaian kegitan outbound ditengah asrinya nuansa kehijauan pesantren menjadi bagian dari rangkaian kegiatan MTOS yang diberikan panitia. Hal ini dilakukan untuk menghibur dan meningkatkan motivasi belajar bagi santri baru menjalani kehidupan dipesantren.

 

Berbagi informasi kebaikan

Leave a Comment